BOJONGGEDE, BOGOR


Bojonggede, Bogor
 Bojong Gede adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, ProvinsiJawa Barat, Indonesia. Sampai dengan tahun 1981 Bojong Gede hanya merupakan nama salah satu desa di Kecamatan Depok, baru pada tahun1982, Depok menjadi Kota Administratif, dan Bojong Gede yang pada saat itu merupakan desa yang lebih menonjol dibandingkan dengan desa-desa lainnya ditetapkan menjadi Kemantren Bojong Gede atau cikal bakal Kecamatan Bojong Gede, selanjutnya bersamaan dengan 2 kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor yaitu Kecamatan Caringin dan Kecamatan Nanggung, Bojong Gede resmi menjadi kecamatan dengan camat pertamanya Sudaryo.
Dari saya lahir, saya sudah tinggal di Bojonggede ini. Di Bojonggede terdapat Stasiun besar yaitu Stasiun Bojonggede. Sebelum saya kuliah, saya bersekolah di daerah Cibinong. Jadi saya jarang untuk naik kereta. Setelah saya masuk kuliah du Universitas Gunadarma barulah setiap hari saya naik kereta. Menurut saya stasiun Bojonggede termasuk stasiun yang dijadikan fasilitas bagi warga Bojonggede dan sekitarnya maupun warga di luar Bojonggede seperti teman saya yang tinggal di daerah cibinong berangkat kuliah nya naik kereta di Stasiun Bojonggede, walaupun dari Cibinong ke Stasiun Bojonggede agak jauh.
Bojonggede terkenal pula dengan pasar tradisional nya. Pasar tersebut menjual sayuran, ataupun lauk pauk seperti ikan segar, ayam segar, dan masih banyak bahan masakan yang masih segar. Kalau kita lihat pasar-pasar di Jakarta mungkin sudah terbilang modern. Tetapi, walaupun pasar di Bojonggede ini terbilang masih tradisional, tetapi bahan masakan yang mereka jual masih terlihat segar. Jadi kalau jam 6 pagi itu Pasar Bojonggede sudah mulai ramai dengan ibu-ibu yang berburu bahan masakan yang masih segar. Jadi, kadang-kadang apabila ibu-ibu yang mau berbelanja di Pasar Bojonggede pada jam 11 pagi menjelang siang, bahan masakan di Pasar tersebut sudah hampir habis.
Saya pernah melihat tulisan di internet. Isinya bahwa komisi II DPR telah mensyahkan dua kabupaten baru berotonomi penuh di Jawa Barat yaitu Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Bogor Barat. Untuk Kabupaten Bogor Barat akan beribukota di Cigudeg. Bagi warga Kabupaten Bogor terutama di bagian barat berita ini sungguh menggembirakan. Kabupaten Bogor yang sangat luas dengan kurang lebih 40 kecamatan sangat tertinggal dengan daerah-daerah tetangganya seperti Kota Depok, Kota Tangerang Selatan dan Kota Bekasi. Pemekaran wilayah baru di Kabupaten Bogor mungkin satu-satunya cara agar pemerintah daerah tingkat dua yang berotonomi penuh bisa lebih fokus pada pembangunan daerahnya yang terasa sangat lamban. Jika Kabupaten Bogor Barat jadi terbentuk maka kita akan lihat jika daerah ini akan maju melesat meninggalkan 'saudara tuanya', Kabupaten Bogor lama/timur yang beribukota di Cibinong. Saya juga pernah mendengar rumor bahwa Cibinong akan menjadi kota yang berotonomi penuh, tapi itu hanya rumor walaupun syarat-syarat menjadi sebuh kota untuk kawasan Cibinong raya sudah terpenuhi. Saya mendapatkan berita ini dari salah satu tulisan yang saya lihat di internet. Tapi saya lupa nama sumber nya hehehe.
Kalau kita berbicara mengenai infrastruktur jalan nya sangat menyedihkan. Saya tidak tahu alasan pasti mengapa perkembangan infrastruktur jalan di Bojonggede ini sangatlah minim. Contoh nya aspal yang baru di benarkan, belum lama setelah itu sudah terkelupas dan batu-batu splitnya berserakan dimana-mana. Jalan utama Bojonggede memang selalu padat bahkan pada jam sibuk (pagi/sore) dari belakang stasiun Bojonggede hingga ke perlintasan kereta api sering stuck tak bergerak.   
            Setiap daerah di seluruh indonesia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga lingkungan di sekitar kita ini. Dan pesan saya berbanggalah dengan daerah tempat kalian lahir. Karna itu adalah tempat dimana kalian melalu hari-hari kalian sampai tua nanti. Karna apabila kita sudah bangga dengan daerah asal kita, pasti kita juga akan merasa nyaman tinggal di tempat tersebut, walaupun daerah tempat kalian lahit itu tidak sebagus daerah tempat teman-teman kalian di lahirkan.
Sekian tulisan dari saya ini. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca nya. Terima kasih.


Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/hadienglish/bojonggede-masuk-mana_5528ceeaf17e618c098b4576

Komentar