Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional


APAKAH BAHASA INDONESIA BISA MENJADI BAHASA INTERNASIONAL?

            Sebagai warga indonesia, kita harus bangga akan kekayaan yang Indonesia miliki. Indonesia memiliki kekayaan yang sangat beragam, mulai dari kebudayaan nya yang unik, sumber daya alam yang sangat melimpah, dan juga yang aling penting adalah BAHASA. Setiap negara pasti mempunyai Identitas Nasional masing-masing. Salah satu unsur Identitas Nasional yaitu BAHASA. Kali ini saya akan membahas tentanG BAHASA INDONESIA.
            Bahasa merupakan sistem perlambang yang secara arbiter dibentuk atas unsur-unsur bunyi maupun ucapan manusia dan juga digunakan sebagai sarana berinteraksi antar manusia. Mungkin semua masyarakat di dunia ini sudah mengetahui kalau bahasa internasional adalah Bahasa Inggris. Tetapi, pernah terpikir di dalam benak saya, bisakah Bahasa Indonesia menjadi sebagai Bahasa Internasional?
            Menurut saya, Bahasa Indonesia mempunyai potensi menjadi Bahasa Internasional. Untuk menjadikan negara Indonesia ini lebih maju, warga masyarakat Indonesia itu sendirri yang harus mempunyai semangat untuk maju. Kalau hanya pemerintah yang berjuang untuk memajukan Negara Indonesia ini tanpa ada dukungan dari masyarkat, mungkin impian untuk menjadikan Negara indonesia menjadi Negara yang maju itu tidak akan terwujudkan. Maka dari itu, masyarakat sendiri lah yang peran utama untuk menjadikan negara yang lebih maju.
            Dan dari bahasan yang tadi, untuk menjadikan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional bukanlah hal yang sulit apabila ada kerjasama yang baik antara masyarakat Indonesia dan Pemerintah Indonesia. Karna sebenarnya indonesia mempunyai koneksi untuk bisa menjadi bahasa internasional lewat TKI yang bekerja di luar nenegeri. Dari TKI itu, bisa memungkinkan Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Kalau kita mempunyai kemampuan dan kemauan untuk menjadikan bangsa Indonesia menjadi bahasa internasional, itu bukan hal yang sulit. Dan awal dari keberhasilan itu pasti diri sendiri.
            Kalau kita sudah mencintai Bangsa Indonesia, warga asing yang berkunjung ke Indonesia pasti tertarik akan Bahasa Indonesia ini. Dan di Universitas-universitas di Indonesia sudah banyak mengadakan kerjasama antar negara. Dan dari faktor itu ada peluang untuk Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Internasional. Intinya, dimana ada kemauan di situ ada jalan.
Sekian tulisan dari saya ini. Semoga tulisan saya dapat memotivasi bangsa indonesia untuk lebih maju ke depan nya. Dan semoga kita mempunyai semangat untuk mencetak prestasi lebih banyak tidak hanya di dalam negeri, tapi di luar negeri pun kita harus bisa mencetak prestasi. Terima kasih

Komentar