Keindahan Musik Raisa Andriana



Keindahan yang bisa di dengar
Siapa sih yang gak senang mendengarkan lagu?
Musik adalah suatu hasil dari karya seni. Musik merupakan ungkapan dari perasaan seseorang yang sering kali manusia itu sendiri tak menyadarinya. Contohnya musik yang dinyanyikan oleh penyanyi legendaries indonesia seperti nike ardila(almh), chrisye(alm), titiek puspa, dan banyak lagu. Musik yang mereka ciptakan dan sering ditembangkan sampai dengan saat ini masih didengarkan dan dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat, itu bukti bahwa hasil karya seni bisa juga dinikmati keindahannya dengan pendengaran. Bukan hanya penglihatan. Di sini saya akan menjelaskan tentang keindahan yang bisa di dengar melalui penyanyi favorit saya yang sangat bersuara merdu adalah RAISA.



Raisa


Raisa Andriana merupakan penyanyi solo yang populer berkat lagu "Serba Salah". Kemampuan bermusik Raisa memang sudah diperlihatkan sejak kecil dengan hobi menyanyinya. Ia kemudian mulai mempelajari teknik vokal dan alat musik secara otodidak.

Memasuki masa remaja, Raisa bergabung dengan Widy, Raka, Satria dan Kevin Aprilio untuk membentuk sebuah band bernama Andante, 2008. Namun sayangnya, sesaat sebelum debut, pihak label rekaman menginginkan konsep yang berbeda. Akhirnya Andante terpaksa mengeliminasi salah seorang membernya yakni Raisa. Kini Andante lebih dikenal dengan nama Vierratale.

Lepas dari Andante tak membuat Raisa putus asa. Ia kemudian memutuskan untuk berkarir solo dan merilis debut album berjudul "Raisa" (2011) di bawah bendera Universal Indonesia. Album yang diproduseri oleh Asta (RAN), Ramadhan Handy dan Adrianto (Soulvibe) ini mengandalkan single hits yang sampai saat ini membuat raisa menjadi pujaan hati para remaja di indonesia yang berjudul "SerbaSalah". 

"'Serba Salah' bercerita tentang keadaan dimana sepasang kekasih yang sudah lama berpacaran tapi bingung," cerita Raisa. "Mereka masih saling sayang tapi banyak faktor seperti bosan dan tidak cocok yang membuat saling bertengkar. Sampailah pada keadaan serba salah ini, putus atau ngga ya?" 

Lagu "Serba Salah" ini ternyata mendapat sambutan hangat dari penikmat musik Indonesia. Tercatat lebih dari 10 ribu kali lagu ini diputar di MySpace resmi milik Raisa. Sejak saat itu penyanyi yang mengagumi Alicia Keys ini mulai kebanjiran job manggung salah satunya tampil di Java Jazz Festival 2011. Berkat album ini juga, Raisa berhasil meraih piala Artis Pendatang Baru Terbaik di ajang AMI Awards 2012.

Raisa kembali ke blantika musik Indonesia dengan merilis album keduanya, "Heart to Heart" (2013). Dalam album ini, ia menggandeng musisi-musisi kenamaan seperti Yovie Widianto, Tangga dan Tulus untuk menciptakan beberapa lagunya. Single hitsnya seperti "Bye-Bye" dan "Pemeran Utama" kembali sukses merajai berbagai chart radio di Indonesia.

Raisa, salah satu musisi berbakat yang didaulat sebagai musisi jazz paling populer di tanah air saat ini. Dalam waktu singkat, Raisa telah banyak mengeluarkan single yang easy listening dan terbukti digemari masyarakat Indonesia. Sebut saja Could It Be, Teka Teki, serta Serba Salah. Wanita kelahiran Jakarta, 6 Juni 1990 ini memang sering kali membawakan lagu-lagu bergenre jazz.

Musik jazz pada umumnya dikenal sebagai musik yang "berkelas" , jika dilihat dari sudut pandang saya di Negara Indonesia entah jika dinegara lain. Meskipun begitu Musik Jenis ini jelas tidak memandang status apapun dan semua orang didunia ini bisa menikmati jazz tanpa terkecuali.

Raisa terkenal dengan cara bernyanyi yang selau memadukan musik dengan Imporvisasi. Semua lagu Raisa sangat kental dengan yang namanya "feel" . memang untuk penyanyi yang beraliran musik Jazz tanpa adanya feel yang bagus, musik dengan aliran Jazz ini akan terasa hambar didengar . Oleh sebab itu untuk menjadi musisi di genre ini , diperlukan feel dan skill musik yang bagus . Ini yang menyebabkan beberapa ketertarikan orang terhadap musik jenis Jazz dan nilai Plus untuk musik Raisa.

Dari improvisasi inilah mengapa jenis musik tersebut menjadi terkesan unik. Para musisi dan vokalis jazz yang profesional selalu bisa menampilkan "sebuah nada yang berbeda" dengan tehnik improvisasi yang dihasilkan dari sebuah feel.


Meski usianya baru 23 tahun, tapi penggemar jazz tentunya tak asing lagi dengan Raisa Andriana. Dara kelahiran Jakarta ini namanya mulai mencuat dengan lagu "Serba Salah".

"Penggemar jazz memang tak terbatas usia, dan itulah mungkin yang membuat banyak yang suka lagu-lagu saya," kata Raisa ketika memberikan keterangan pers di sela-sela Jazz Traffic Festival 2013.

Raisa sendiri mengaku dirinya bukanlah musisi yang memiliki aliran fanatik jazz tertentu. Beragam aliran jazz, dia sukai. Bahkan musik pop, dangdut hingga rock juga merupakan kegemaraannya. "Meskipun yang paling banyak saya dengar memang musik jazz," ujarnya.

Penyuka jazz, kata dia, bisa dipastikan adalah juga penyuka musik lainnya. Karena itu, dalam bermusik, dia mengaku tidak pernah fanatik dalam aliran tertentu.

Penjelasan di atas tadi membahas tentang keindahan dari Jenis musik Jazz dan keindahan dari penyanyi musik Jazz itu sendiri yaitu Raisa Andriana. Semoga setelah anda membaca tulisan saya ini, bukan hanya musik Jazz, tetapi semua aliran musik di indonesia dapat melahirkan keindahan musik yang sapat membuat pendengar nya terkagum-kagum.

Sekian tulisan dari saya. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi yang membaca nya. TERIMA KASIH.

Komentar

  1. APAKAH KAMU INGIN SEPERTI MEMBER SETIA KAMI?
    Silakan buruan langsung bergabung dan rasakan sendiri kemenangan nya
    di jamin tidak ada penipuan dan identitas anda Terahasiakan dan pastinya akan aman 100%.
    Bandar Yang Berada Di Ratu Pelangi 100% tidak ada PENIPUAN, !

    DAFTAR DI SINI JIKA INGIN MENANG SEPERTI MEMBER SETIA Pelangikiukiu.com

    BalasHapus

Posting Komentar