Cita Rasa Pisang Ijo


CITA RASA PISANG IJO

          Bulan-bulan belakangan ini sudah mulai musim hujan. Enaknya pasti makan yang hangat. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu makanan khas Indonesia yaitu Pisang Ijo. Saya di rumah suka dimasakin oleh ibu saya Pisang Ijo ini. Karna kebetulan kedua orang tua saya berasal dari makassar. Jadi, saya sering dibikinin masakan khas makassar. Salah satu nya adalah Pisang Ijo ini. Rasanya yang manis dan tekstur nya yang lembut ini membuat saya selalu ketagihan untuk memakan nya lagi. Berikut ini sedikit sejarah dari Pisang Ijo. 
Pisang ijo adalah sejenis makanan khas di Sulawesi Selatan, utamanya di kota Makassar yang terbuat dari bahan utama berupa pisang ijo. Pisang ijo berupa pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan cara memasaknya dengan mengkukus di sebuah dandang. Tepung berwarna dibuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan. Makanan ini banyak sekali di jual di pinggir jalan di daerah Makassar. Kalau di makassar, Pisang Ijo ini sudah sangat terkenal sekali. Tetapi kalau di daerah lain seperti di bogor, jarang sekali yang berjualan Pisang Ijo ini. Karna mungkin orang Bogor belum terlalu mengetahui Pisang ijo ini.
Rasa dari Pisang Ijo ini sangat manis dikarenakan pisang yang ada di dalam lapisan hijau dan kuah nya yang kental yang terbuat dari terigu itu sangatlah menggugah selera. Ada sebagian orang yang menambahkan Pisang Ijo ini dengan sirup ataupun es batu. Pisang Ijo ini merupakan makanan khas Indonesia yang dimakan nya dengan beberapa versi. Jadi, bagi penggemar makanan manis, apabila memakan Pisang Ijo ini tidak akan bosan. Jadi, banyak makanan Indonesia yang uni-unik dan enak pula rasanya. Jadi, sebelum anda mengatakan makanan di luar negeri lebih enak, anda harus mengelilingi Indonesia untuk berwisata kuliner dan merasakan cita rasa yang dimiliki Indonesia ini.
Sekian tulisan dari saya. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. TERIMA KASIH

Komentar