Pengertian Ilmu Alamiah Dasar

PENDAHULUAN

Pengertian ilmu alamiah yang saya ketahui itu adalah pengetahuan dasar yang mempelajari alam semesta,dan dapat dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya ilmu pengetahuan alam. Yang dapat dipelajarinya dengan cara metode-metode atau prinsip-prinsip yang tidak dapat lepas dari kenyataan (realitas).


TEORI
1.            Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu alamiah dasar atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja dan ilmu yang hanya berbicara tentang bagaimna metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam lebih secara filosofi.
IAD merumuskan pemikiran yang selalu di landasi oleh realisme, karena ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah dan gejala-gejala alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat dilihat oleh indra. Sedangkan ilmu alamiah dasar menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006: V) “Ilmu Alamiah Dasar” merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi”.
Ilmu alamiah dasar yang mempelajari dasar-dasar alamiah secara universal atau keselururan tapi yang mencakup dasar-dasarnya saja. Ilmu alamiah selalu merumuskan masalahnya dari gejala-gejala yang realitas sehingga metode yang dapat digunakan dalam ilmu alamiah dasar adalah metode-metode yang tidak lepas dari objek-objek materi yang dapat dilihat dan dirasa oleh panca indra.
2.          Perkembangan Pikiran Manusia
  



Pada dasarnya manusia merupakan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Meski banyak keterbatasan fisik, seperti diantaranya : ukuran, kekuatan, kecepatan, dan panca indera, keberhasilan tersebut disebabkan karena manusia memiliki akal yang lebih baik daripada makhluk lainnya, yang memungkinkan manusia lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Karna itu alam pikir manusia dapat berkembang dengan kemampuan berfikir dan bernalar manusia, akal serta nuraninya yang memungkinkan untuk selalu berbuat yang lebih baik lagi dan bijaksana untuk dirinya maupun lingkungan sekitarnya.
A.    Sifat Unik Manusia
Dibandingkan dengan makhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, sedangkan rohani, akal budi, dan kemauannya sangat kuat. Manusia tidak mempunyai tanduk, taji, ataupun sengat, maka untuk membela diri terhadap serangan dari makhluk lain dan untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan, manusia harus memanfaatkan akal budinya yang cemerlang. Kemauannya yang keras menyebabkan manusia dapat mengendalikan jasmaninya. Kalau tubuh mendapat pengaruh yang negatif dari lingkungan, maka timbul reaksi yang mendorong tubuh supaya melepaskan diri dari lingkungan yang merugikan itu. Tetapi kemauan keras dapat memaksa tubuh supaya tetap menerima pengaruh yang negatif itu. Jadi, sifat unik manusia itu adalah akal budi dan kemauannya menaklukkan jasmaninya.
B.     Rasa Ingin Tahu
Dengan pertolongan akal budinya, manusia menemukan berbagai cara untuk melindungi diri terhadap pengaruh lingkungan yang merugikan. Tetapi adanya akal budi itu juga menimbulkan rasa ingin tahu yang selalu berkembang. Dengan kata lain, rasa ingin tahu itu tidak pernah dapat dipuaskan. Akal budi manusia tidak pernah puas dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Rasa ingin tahu mendorong manusia untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencari jawaban atas berbagai persoalan yang muncul di dalam pikirannya.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa bagaimana alam pikiran manusia dapat berkembang karena dengan kemampuan manusia untuk berfikir dan bernalar serta sifat keingintahuan manusia yang sangat besar.

3.            Pengertian Mitos, Legenda, dan Cerita Rakyat

·         MITOS






Mitos Kalarau (gerhana bulan)

Mitos adalah imajinasi manusia yang berusaha untuk menerangkan gejala-gejala pada alam sekitar pada saat tertentu yang kemudian dikaitkan dengan kepercayaan adanya kekuatan gaib. Namun, dikarenakan adanya keterbatasan manusia dalam menjelaskan hal tersebut, maka manusia pada masa itu mengumpamakan imajinasi tersebut dengan seorang dewa atau dewi, tokoh misteri dan hal-hal yang berbau mistis. Oleh karena itu, pengetahuan yang dihasilkan bersifat subyektif atau menurut pandangan (perasaan) sendiri. Contoh Mitos yaitu :
§  Foto
Tiga orang yang berfoto bersama maka selalu dimitoskan orang yang posisinya  berada di tengah akan meninggal.
§  Menyapu
Perempuan yang saat menyapu tidak bersih maka akan mendapatkan pasangan yang memiliki banyak bulu.
§  Duduk di Depan Pintu
Orang yang duduk di depan pintu akan akan menghalangi datangnya jodoh, maka orang tersebut tidak akan mendapat jodoh.
§  Kejatuhan Cicak
Jika seseorang kejatuhan cicak, maka menandakan bahwa kerabatnya akan ada yang meninggal atau dirinya akan mendapat sial.
§  Kupu-kupu Masuk ke Rumah
Jika ada kupu–kupu yang masuk ke dalam rumah, artinya akan ada tamu yang datang.
·         LEGENDA
Legenda adalah sebuah cerita yang telah dirangkai secara turun-temurun dan dipercayai oleh masyarakat karena terbukti secara logis dalam pendeskripsian ceritanya dan cenderung mengemukakan kehadiran seorang tokoh yang dikaitakan dengan terbentuknya suatu daerah. Legenda terbagi menjadi :
Legenda Keagamaan

 



Legenda keagamaan adalah legenda orang-orang yang dianggap suci. Karya semacam itu termasuk foklor karena versi asalnya masih tetap hidup dikalangan masyarakat sebagai tradisi lisan. Salah satu contohnya adalah legenda Wali Sembilan (Wali Songo) mereka adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati.
Legenda Alam Gaib






Legenda semacam ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan pernah dialami seseorang. Fungsi legenda semacam ini adalah untuk meneguhkan kebenaran ”tahayul” atau kepercayaan rakyat. Contoh legenda ini yaitu kepercayan terhadap adanya hantu atau hal gaib, seperti: genderuwo, sundel bolong serta Nyi Blorong.
Legenda Perseorangan







Legenda perseorangan merupakan cerita mengenai tokoh-tokoh tertentu yang dianggap benar-benar terjadi. Suatu jenis legenda perseorangan mengenai perampok seperti Robin Hood, yang merampok penguasa korupsi atau orang kaya untuk didermakan kepada rakyat miskin.

Legenda Setempat
 




Legenda setempat adalah cerita yang berhubungan dengan suatu tempat, nama tempat dan bentuk topografi, yaitu bentuk permukaan suatu tempat, berbukit-bukit, berjurang dan sebagainya. Legenda setempat yang berhubungan dengan nama suatu tempat misalnya, legenda Kuningan. Kuningan adalah nama suatu kota kecil yang terletak di lereng Gunung Ceremai, disebelah selatan kota Cirebon, Jawa Barat.
·         CERITA RAKYAT
 




Ini merupakan suatu peristiwa yang dikisahkan untuk menjelaskan akan terjadinya suatu benda atau tempat yang ada di dunia ini. Contoh nya : Lutung kasarung.
·         PENALARAN
I.            Penalaran Deduktif
Adalah cara berpikir yang bertolak dari pernyataan yang bersifat umum untuk menarik kesimpulan yang bersifat khusus dan menggunakan pola berpikir silogisme.
II.            Penalaran Induktif
Adalah cara berpikir yang bertolak dari pernyataan yang bersifat  khusus untuk menarik kesimpulan yang bersifat umum dan terkait dengan pengetahuan empirisme.

·         Cara Manusia Memperoleh Pengetahuan
Menurut Charles Price ada 4 macam cara untuk memperoleh pengetahuan, yaitu:

I.            Percaya : Seseorang akan mendapat pengatahuan karena ia percaya bahwa
hal tersebut adalah benar.
II.            Wibawa : Sesuatu akan dianggap benar, apabila seseorang yang berwibawa
menyatakan benar.
III.            Apriori : Merupakan suatu keyakinan atau pendirian atau anggapan sebelum mengetahui, melihat, mendengar, dan menyelidiki keadaan tertentu. 
IV.            Metode Ilmiah : Sesuatu dianggap ilmiah apabila memiliki patokan yang merupakan rambu-rambu untuk menentukan benar atau salah. Secara umum, yaitu:
  1. Prasangka
    Prasangkaberarti membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang benar. Awalnya istilah ini merujuk pada penilaian berdasarkan pikiran seseorang sebelum memiliki
     informasi yang benar, yang bisa dijadikan dasar penilaian tersebut.
  1. Intuisi
    Intuisiadalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya, seseorang tiba-tiba terdorong untuk membaca sebuah 
    buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicarinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata disana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya.
  2. Trial and Error
Trial and error adalah salah satu metode yang bisa digunakan dalam mencari solusi sebuah masalah. Metode ini banyak ditemukan dalam bidang informatika atau ilmu komputer. Trial and error menggunakan pendekatan aplikatif dari sebuah algoritma yang akan digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah.

ANALISIS

Berdasarkan uraian di atas, maka secara sederhana urutan perkembangan ilmu dimulai dari rasa ingin tahu terhadap sesuatu maka dilakukan suatu pengamatan.Berdasarkan pengamatan berulangkali diperoleh pengalaman. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang terus-menerus diperoleh pengetahuan, semisal sifat dari benda yang diamati. Dan dapat disimpulkan juga bahwa keyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap nilai-nilai maupun ajaran yang diwarisi oleh leluhur mereka memberi dampak hingga kini, seperti masih banyak suku budaya baik individu maupun kelompok yang mempertahankan dan mempercayai hal-hal gaib yang belum tentu kebenarannya yang menjadi salah satu sumber kepercayaan mereka selain agama yang mereka anut. Oleh karena itu, dengan pengetahuan yang diperoleh dengan cara yang baik dan benar dapat menjawab persepsi-persepsi keliru kita selama ini terhadap hal-hal tersebut dan meyakini bahwa terlalu mempercayai hal tersebut tidaklah sesuai dengan ajaran agama tetapi tidak sampai melunturkan nilai kebudayaan dari suku tersebut.




http://dzakiyyah95.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-dan-tujuan-mempelajari-ilmu.html
https://lianurbaiti.wordpress.com/2013/03/30/pengertian-dan-perbedaan-mitos-legenda-dan-cerita-rakyat/





Komentar